ISBN Pendidikan Pancasila Kelas 2 Semester 2

pkn2_2-25

Sinopsis Pendidikan Pancasila Kelas 2 SD Islam Al Azhar (Kurikulum Merdeka) – Semester 2

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas dua semester dua di Sekolah Dasar Islam Al Azhar dengan Kurikulum Merdeka akan melanjutkan dan memperdalam pemahaman nilai-nilai Pancasila, fokus pada pengembangan sikap gotong royong, kepedulian terhadap lingkungan sekitar, serta pemahaman tentang hak dan kewajiban di masyarakat, tetap dalam bingkai nilai-nilai Islam dan Profil Pelajar Pancasila.

Fase A (Kelas 2 SD) – Fokus Semester 2:

Meskipun Kurikulum Merdeka pada Fase A (Kelas 1 dan 2) disampaikan secara terintegrasi, berikut adalah fokus utama materi yang kemungkinan akan ditekankan pada semester dua kelas dua:

  • Unit 3: Gotong Royong di Lingkungan Sekitar:
    • Memperdalam Sila Ketiga Pancasila: Persatuan Indonesia: Mengembangkan sikap cinta tanah air dan bangga menjadi warga Indonesia. Memahami pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar. Mengaitkan dengan konsep ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sebangsa).
    • Mengenal Kegiatan Gotong Royong: Mengidentifikasi contoh-contoh kegiatan gotong royong di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. Memahami manfaat gotong royong dalam menyelesaikan pekerjaan dan mempererat persaudaraan.
    • Mempraktikkan Gotong Royong: Berpartisipasi aktif dalam kegiatan gotong royong di kelas, sekolah, atau lingkungan sekitar sebagai implementasi nilai-nilai Islam tentang saling membantu (ta’awun).
  • Unit 4: Peduli Lingkungan:
    • Mengaitkan Sila Kedua dan Kelima Pancasila dengan Kepedulian Lingkungan: Memahami bahwa menjaga lingkungan adalah wujud rasa syukur atas karunia Allah SWT (sila pertama), bentuk kasih sayang terhadap sesama makhluk hidup (sila kedua), dan tanggung jawab untuk keadilan bagi generasi mendatang (sila kelima).
    • Mengenal Permasalahan Lingkungan Sederhana: Mengidentifikasi masalah-masalah lingkungan yang ada di sekitar (misalnya, sampah, polusi) dan dampaknya.
    • Melakukan Tindakan Peduli Lingkungan: Membiasakan diri melakukan tindakan sederhana untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan (misalnya, membuang sampah pada tempatnya, menghemat air dan listrik, menanam tumbuhan).
  • Unit 5: Hak dan Kewajiban di Masyarakat:
    • Memperdalam Sila Keempat Pancasila: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Memahami pentingnya menyampaikan pendapat dengan sopan dan mendengarkan pendapat orang lain dalam musyawarah di lingkungan masyarakat.
    • Mengenal Hak sebagai Warga Masyarakat: Mengidentifikasi hak-hak sederhana sebagai warga masyarakat (misalnya, hak bermain di lingkungan yang aman, hak mendapatkan pelayanan umum).
    • Mengenal Kewajiban sebagai Warga Masyarakat: Mengidentifikasi kewajiban-kewajiban sederhana sebagai warga masyarakat (misalnya, menjaga kebersihan lingkungan, mematuhi peraturan yang berlaku). Menyadari pentingnya keseimbangan hak dan kewajiban di masyarakat.

Pendekatan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka):

  • Pembelajaran Berbasis Proyek: Melibatkan peserta didik dalam proyek sederhana seperti membuat kampanye peduli lingkungan di sekolah, membuat peta kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar, atau membuat poster tentang hak dan kewajiban warga masyarakat.
  • Pembelajaran Berbasis Masalah: Mengajak peserta didik untuk mengidentifikasi dan mencari solusi terhadap masalah lingkungan atau kurangnya partisipasi dalam kegiatan gotong royong di sekitar mereka.
  • Pembelajaran Berdiferensiasi: Menyediakan kegiatan belajar yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan minat peserta didik.
  • Penggunaan Media Interaktif: Memanfaatkan gambar, video, cerita, dan studi kasus sederhana untuk memperjelas konsep.
  • Kegiatan di Luar Kelas (Outdoor Learning): Mengajak peserta didik untuk mengamati kegiatan gotong royong atau kondisi lingkungan di sekitar sekolah atau rumah.
  • Penguatan Profil Pelajar Pancasila:
    • Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia: Menumbuhkan kesadaran akan tanggung jawab menjaga lingkungan sebagai amanah Allah SWT.
    • Berkebinekaan Global: Menghargai keragaman dalam kegiatan gotong royong di masyarakat.
    • Bergotong Royong: Berpartisipasi aktif dalam kegiatan gotong royong.
    • Bernalar Kritis: Menganalisis masalah lingkungan dan hak-kewajiban di masyarakat.
    • Mandiri: Bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajiban sebagai warga masyarakat.
    • Kreatif: Mengembangkan ide-ide dalam proyek yang berkaitan dengan gotong royong dan peduli lingkungan.
  • Asesmen Formatif dan Sumatif yang Autentik: Melakukan penilaian yang berkelanjutan melalui observasi, partisipasi dalam diskusi, hasil karya proyek, presentasi, unjuk kerja (misalnya, dalam kegiatan gotong royong), dan refleksi diri.

Ciri Khas Islam Al Azhar:

SD Islam Al Azhar akan mengintegrasikan nilai-nilai Islam secara mendalam dalam setiap unit pembelajaran Pendidikan Pancasila. Contohnya, dalam membahas gotong royong, akan ditekankan konsep ta’awun (saling membantu) dalam Islam. Dalam membahas peduli lingkungan, akan dikaitkan dengan konsep menjaga alam sebagai khalifah di bumi dan menghindari kerusakan (fasad). Dalam membahas hak dan kewajiban di masyarakat, akan ditekankan pentingnya berlaku adil dan memenuhi hak orang lain sesuai dengan ajaran Islam.

Melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila semester dua berbasis Kurikulum Merdeka ini, diharapkan peserta didik kelas dua SD Islam Al Azhar semakin memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam konteks kehidupan bermasyarakat, memiliki kesadaran akan pentingnya gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan, serta memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat yang bertanggung jawab dan berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

More Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *