ISBN Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1

bindo5_1-25

Sinopsis Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 SD Islam Al Azhar (Kurikulum Merdeka)

Semester satu di kelas lima SD Islam Al Azhar akan mengajak siswa untuk semakin mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia mereka secara holistik dan bermakna, sejalan dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Pembelajaran akan dirancang untuk meningkatkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan memirsa, serta menulis dan mempresentasikan melalui berbagai kegiatan yang menarik, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari serta nilai-nilai keislaman.

Capaian Pembelajaran Utama yang Diharapkan:

  • Menyimak: Siswa mampu menyimak dengan saksama informasi faktual dan imajinatif, mengidentifikasi gagasan pokok dan detail, serta memberikan respons yang sesuai.
  • Berbicara dan Mempresentasikan: Siswa mampu menyampaikan pendapat, gagasan, dan informasi secara jelas dan santun, menggunakan kosakata yang sesuai, serta mempresentasikan hasil karya atau informasi dengan percaya diri.
  • Membaca dan Memirsa: Siswa mampu membaca dan memahami berbagai jenis teks (fiksi dan nonfiksi) dengan lancar, mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat, serta memaknai kosakata baru. Mereka juga mampu memirsa berbagai media visual dan memahami pesan yang disampaikan.
  • Menulis: Siswa mampu menulis berbagai jenis teks (deskripsi, narasi, eksposisi sederhana, surat pribadi) dengan struktur yang tepat, menggunakan kosakata yang sesuai, dan memperhatikan kaidah kebahasaan yang sederhana.
  • Nilai-nilai Keislaman: Pembelajaran akan diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam seperti adab berbicara dan mendengarkan yang baik, kejujuran dalam menyampaikan informasi, pentingnya membaca sebagai jendela ilmu, serta menggunakan bahasa yang santun dan bermanfaat.

Materi Pokok dan Kegiatan Pembelajaran yang Mungkin Dilakukan:

  1. Menyimak dan Berbicara: Mendengarkan dengan Seksama dan Menyampaikan Pendapat:
    • Mendengarkan teks narasi dan informasi dengan fokus pada tokoh, latar, dan urutan peristiwa.
    • Mengidentifikasi gagasan pokok dan detail informasi dari teks yang didengar.
    • Memberikan tanggapan dan mengajukan pertanyaan yang relevan terhadap informasi yang didengar.
    • Menyampaikan pendapat pribadi tentang suatu isu atau cerita dengan alasan yang jelas dan santun.
    • Kegiatan: Mendengarkan cerita atau berita, diskusi kelompok, bermain peran menyampaikan pendapat, wawancara sederhana.
  2. Membaca dan Memirsa: Menjelajahi Berbagai Jenis Teks:
    • Membaca teks narasi, deskripsi, dan eksposisi sederhana dengan pemahaman yang baik.
    • Mengidentifikasi informasi faktual dan opini dalam teks.
    • Menemukan makna kosakata baru dalam konteks bacaan.
    • Memirsa gambar, ilustrasi, dan video pendek untuk memahami pesan yang disampaikan.
    • Kegiatan: Membaca cerita rakyat, artikel pendek, infografis, menganalisis gambar dan video, membuat catatan tentang informasi yang dibaca atau dilihat.
  3. Menulis: Mengembangkan Ide dalam Berbagai Bentuk Tulisan:
    • Menulis teks deskripsi tentang orang, benda, atau tempat dengan menggunakan kalimat yang efektif dan pilihan kata yang menarik.
    • Menulis teks narasi sederhana tentang pengalaman pribadi atau imajinasi dengan memperhatikan urutan peristiwa dan penggunaan kata penghubung.
    • Menulis teks eksposisi sederhana tentang suatu topik dengan menyampaikan informasi secara jelas dan terstruktur.
    • Menulis surat pribadi dengan bahasa yang santun dan sesuai dengan tujuan.
    • Kegiatan: Mengamati lingkungan sekitar dan menuliskannya, menulis дневник (buku harian), membuat karangan berdasarkan gambar, menulis surat kepada teman atau keluarga.
  4. Mempresentasikan: Berbagi Hasil Karya dan Informasi:
    • Mempersiapkan materi presentasi sederhana (misalnya, hasil tulisan, ringkasan buku).
    • Menyampaikan presentasi secara lisan dengan lafal dan intonasi yang jelas.
    • Menggunakan alat bantu visual sederhana (gambar, poster) untuk mendukung presentasi.
    • Menanggapi pertanyaan atau komentar dari audiens dengan santun.
    • Kegiatan: Mempresentasikan hasil tulisan, menceritakan kembali isi buku yang dibaca, menyampaikan informasi tentang suatu topik, bermain peran sebagai pembawa berita.

Pendekatan Pembelajaran:

Pembelajaran akan dilaksanakan secara interaktif, partisipatif, dan berpusat pada siswa. Guru akan menggunakan berbagai metode seperti diskusi, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, proyek sederhana, dan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Kegiatan literasi akan diintegrasikan dalam berbagai aspek pembelajaran. Asesmen akan dilakukan secara formatif (selama proses pembelajaran) untuk memantau kemajuan siswa dan memberikan umpan balik, serta sumatif (di akhir unit atau semester) untuk mengukur ketercapaian kompetensi.

Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia yang kontekstual dan terintegrasi dengan nilai-nilai Islam ini, diharapkan siswa kelas lima SD Islam Al Azhar dapat mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar, memiliki keterampilan berkomunikasi yang efektif, mencintai literasi, serta mampu menggunakan bahasa Indonesia secara santun dan bertanggung jawab dalam berbagai situasi.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

More Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *