ISBN Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2

bindo5_2-25

Sinopsis Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 SD Islam Al Azhar (Kurikulum Merdeka)

Semester kedua di kelas lima SD Islam Al Azhar akan memperdalam kemampuan berbahasa Indonesia siswa melalui eksplorasi berbagai jenis teks dan pengembangan keterampilan berkomunikasi yang lebih kompleks, selaras dengan semangat Kurikulum Merdeka. Pembelajaran akan dirancang untuk meningkatkan kemampuan menyimak, berbicara dan mempresentasikan, membaca dan memirsa, serta menulis dan mempresentasikan melalui kegiatan yang kontekstual, kolaboratif, dan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman.

Capaian Pembelajaran Utama yang Diharapkan:

  • Menyimak: Siswa mampu menyimak informasi kompleks dan mengidentifikasi hubungan antar gagasan, menyimpulkan informasi, serta mengevaluasi pesan yang disampaikan.
  • Berbicara dan Mempresentasikan: Siswa mampu menyampaikan informasi, gagasan, dan perasaan secara efektif dan kreatif dalam berbagai situasi, menggunakan bahasa yang santun dan argumentatif, serta mempresentasikan hasil karya dengan percaya diri dan menarik.
  • Membaca dan Memirsa: Siswa mampu membaca dan memahami berbagai jenis teks (fiksi dan nonfiksi) yang lebih kompleks, mengidentifikasi ide pokok dan detail pendukung, menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra sederhana, serta mengevaluasi informasi dalam teks dan media visual.
  • Menulis: Siswa mampu menulis berbagai jenis teks (deskripsi yang lebih detail, narasi yang lebih kompleks, eksposisi dengan argumen sederhana, puisi sederhana) dengan struktur yang tepat, pilihan kata yang kaya, dan memperhatikan kaidah kebahasaan.
  • Nilai-nilai Keislaman: Pembelajaran akan terus mengintegrasikan nilai-nilai Islam seperti amanah dalam menyampaikan informasi, pentingnya berliterasi untuk menambah ilmu dan wawasan, menggunakan bahasa yang baik dan benar (qaulan sadida), serta menghargai karya sastra sebagai bentuk ekspresi budaya yang positif.

Materi Pokok dan Kegiatan Pembelajaran yang Mungkin Dilakukan:

  1. Menyimak dan Berbicara: Menganalisis Informasi dan Berdiskusi:
    • Menyimak teks informasi dan narasi yang lebih panjang dan kompleks.
    • Mengidentifikasi hubungan sebab-akibat, perbandingan, dan kontras dalam informasi yang disimak.
    • Merangkum dan menyimpulkan informasi dari teks yang didengar.
    • Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok dengan menyampaikan argumen yang logis dan santun.
    • Kegiatan: Mendengarkan rekaman diskusi atau ceramah, menganalisis berita atau artikel yang dibacakan, melakukan debat sederhana, bermain peran dalam situasi diskusi.
  2. Membaca dan Memirsa: Menjelajahi Karya Sastra dan Teks Informasi Lanjutan:
    • Membaca cerita pendek, novel anak-anak, dan teks nonfiksi dengan pemahaman yang mendalam.
    • Menganalisis unsur intrinsik (tema, tokoh, latar, alur) dalam karya sastra sederhana.
    • Mengidentifikasi ide pokok, gagasan pendukung, dan tujuan penulis dalam teks nonfiksi.
    • Memirsa film pendek, animasi, atau iklan dan menganalisis pesan yang terkandung di dalamnya.
    • Kegiatan: Membaca dan mendiskusikan cerita, membuat peta konsep isi teks, menganalisis karakter tokoh, membandingkan informasi dari berbagai sumber, membuat resensi singkat.
  3. Menulis: Mengembangkan Kreativitas dan Argumentasi dalam Tulisan:
    • Menulis teks deskripsi yang lebih detail dan menggunakanMajas sederhana.
    • Menulis teks narasi dengan mengembangkan karakter dan konflik yang lebih kompleks.
    • Menulis teks eksposisi sederhana dengan menyajikan argumen dan bukti pendukung.
    • Menulis puisi sederhana dengan memperhatikan pilihan kata dan rima.
    • Kegiatan: Menulis дневник (buku harian) reflektif, membuat cerita imajinatif, menulis surat persuasif, menulis puisi tentang alam atau nilai-nilai Islam.
  4. Mempresentasikan: Berkomunikasi dengan Efektif dan Kreatif:
    • Merencanakan dan menyusun presentasi yang menarik dan informatif.
    • Menggunakan berbagai media visual (slide, video, properti) untuk mendukung presentasi.
    • Menyampaikan presentasi dengan intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh yang efektif.
    • Menjawab pertanyaan dan memberikan tanggapan dengan jelas dan percaya diri.
    • Kegiatan: Mempresentasikan hasil penelitian sederhana, menceritakan kembali isi buku dengan gaya yang menarik, melakukan drama pendek, membuat presentasi multimedia.

Pendekatan Pembelajaran:

Pembelajaran akan mengedepankan pendekatan saintifik, berbasis proyek, dan kolaboratif. Guru akan memfasilitasi siswa untuk aktif mencari informasi, berdiskusi, berkreasi, dan memecahkan masalah melalui bahasa. Kegiatan literasi akan diintegrasikan secara lintas kurikuler. Asesmen akan dilakukan secara formatif (melalui observasi, tugas individu dan kelompok, diskusi) dan sumatif (melalui proyek, unjuk kerja, tes tertulis) untuk mengukur perkembangan kompetensi siswa secara holistik.

Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia yang kaya, relevan, dan terintegrasi dengan nilai-nilai Islam ini, diharapkan siswa kelas lima SD Islam Al Azhar dapat semakin mahir berbahasa Indonesia, memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif, mencintai literasi, serta mampu menggunakan bahasa sebagai alat untuk berinteraksi, belajar, dan berkontribusi secara positif dalam masyarakat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

More Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *